Kamis, 14 Agustus 2014

Motivasi Hari Ini

Diposting oleh Rumah Kopi di 10.53

Aku malas menulis. Malas. Malas. Kehilangan gairah yang melecutku untuk berkarya sehingga membuatku beda dari yang lainnya. Aku sudah memulai tetapi tidak pernah menekuni dunia literasi ini. Aku menyukai namun rasa suka itu timbul tenggelam seiring keadaanku hatiku.

Aku malas. Malas. Malas. Malas. Dulu, ya tanganku gatal jika tidak bermain dengan huruf serta frasa. Dulu, hatiku merasa bersalah kalau sehari saja tidak bersentuhan dengan dunia kata-kata. Tapi semuanya hilang begitu saja. Aku mengabaikannya. Meninggalaknnya. Aku yang salah.

Menulis itu menyenangkan. Tentu saja prosesnya lama. Butuh perjuangan yang tidak boleh dengan setengah hati. Seperti menanam bunga. Aku harus menyiramnya, memberi pupuk, menaruhnya di tempat yang intens dengan cahaya matahari supaya tanamanku tumbuh subur. Tak ayal bunga-bunga nan mempesona akan kudapati kelak. Hei, Key! Perlu diingat! Kauharus bersiap menghadapi resiko bahwa bibit bunga itu pun bisa saja mati sebelum tumbuh subur meskipun kaumerawatnya dengan baik. Itu kehendak alam. Mencoba menguji seberapa gigih niatmu untuk melihat hasil jerih payahmu? Seberapa kuat usahamu untuk mencoba kembali menanam bibit bunga baru, merawatnya sampai apa yang kauinginkan itu terwujud. Menulis pun juga demikian. Pasti ada proses dan tahapan. Bukan sekali mencoba lalu berhasil dengan hasil yang menggembirakan.

Ayolah, Key! Paksa dirimu untuk disiplin. Kembali mencari sesuatu yang bisa menjadikan hidupmu lebih berwarna dan bermakna. Bukan sekadar bernapas kemudian menjalani aktivitas seperti jarum jam.

Yang membuatmu beda bukan hanya perilaku serta tutur sapa. Namun lebih dari itu, Key. Pemahaman yang baik dalam menjalani hidup. Apa yang sudah kamu peroleh selama ini, jangan disia-siakan. Prestasi bukan satu-satunya tujuan hidup, tapi dengan berprestasi hidupmu lebih berguna. 

Jika kamu tenggelam dalam dunia yang itu-itu melulu, sudah pasti kamu akan cepat bosan. Jenuh. Ada yang kurang walaupun segalanya telah kaumiliki. Maka lakukanlah sesuatu yang membuat semangatmu senantiasa membara. Tidak ada kata terlambat asal kamu segera memulainya. Tidak perlu bermimipi menjadi penulis besar. Cukuplah bercita-cita tulisanmu itu bermanfaat bagi yang mebaca. Setidaknya bisa menghibur orang lain. Bukankah itu menyenangkan, Key?

Ayolah! Tunggu apa lagi? Banyak hal yang bisa kaurangkai supaya menjadi cerita yang menarik. Jika tulisanmu masih kurang ok, setidaknya itu lebih baik dari pada tidak menulis sama sekali. Memelototi gajdet dari bangun tidur sampai kembali terbuai mimpi.

Lakukan! Lakukan! Mulai! Mulai! Mulai! Semangat!

Taipe, 14 Agustus 2014

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting