Jumat, 01 Mei 2015

Menjaga Kesehatan Otak

Diposting oleh Rumah Kopi di 16.51

Otak adalah salah satu organ tubuh yang bekerja mengendalikan diri manusia. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan memerintah anggota tubuh yang lain seperti mulut, tangan atau kaki untuk bergerak.


  • Otak adalah salah satu organ tubuh yang bekerja mengendalikan diri manusia. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan memerintah anggota tubuh yang lain seperti mulut, tangan atau kaki untuk bergerak. Otak yang tidak sehat ternyata dapat membuat kita menjadi stres dan dapat membuat seseorang rentan menjadi sakit. Selama ini banyak orang berfokus untuk menyehatkan tubuh saja, padahal otak juga perlu dijaga kesehatannya. Apa saja cara yang dapat menyehatkan otak? Berikut beberapa cara sederhananya:

  • 1. Berjalan kaki

    Berjalan kaki sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan berjalan kaki selama 20 menit setiap hari, otak Anda akan mendapatkan tambahan nutrisi. Berjalan kaki juga dapat menyegarkan pikiran Anda. Fakta mengatakan bahwa aktivitas fisik sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak terutama pada pusat memori. Dengan berjalan kaki, hidup Anda akan sehat dan Anda akan mendapatkan energi yang baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  • 2. Berhenti khawatir

    Berdasarkan hasil studi dari University of Gothenburg di Swedia, kekhawatiran yang ditanamkan dalam pikiran akan membuat otak bekerja dua kali lebih keras dan menimbulkan stres berkepanjangan di kemudian hari. Kekhawatiran hanya dapat membuat Anda membuang-buang tenaga untuk berpikir tentang hal-hal negatif yang tidak baik bagi kesehatan Anda, baik jasmani maupun rohani. Berhentilah mengkhawatirkan hidup Anda, ini akan membawa dampak positif bagi kehidupan Anda. Anda tidak hanya akan sehat tetapi juga dapat membuat Anda lebih dapat menikmati hidup.

  • 3. Olahraga

    Setiap orang tentunya tahu bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menyehatkan otak. Ketika tubuh bugar dan sehat, jiwa Anda akan terdorong untuk lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas. Seperti berjalan kaki yang disarankan sebelumnya, Anda dapat menambahkan aktivitas fisik lainnya seperti olahraga yoga yang sangat baik untuk menenangkan pikiran, berenang yang dapat menyegarkan pikiran, atau olahraga ringan lainnya. Ketika Anda rutin melakukan olahraga, dapat dipastikan memori otak Anda akan bekerja dengan lebih baik.

  • 4. Mancampurkan kunyit pada makanan

    Sebuah penelitian dari Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman menemukan bahwa kunyit sangat baik untuk otak karena dapat mengurangi berbagai gangguan di otak. Komponen yang terdapat pada kunyit ternyata dapat menyegarkan sel induk pada otak. Campurkanlah sedikit kunyit pada setiap masakan Anda, dijamin hidup Anda akan lebih sehat.

  • 5. Bermain dengan alam

    Menurut para peneliti University of Michigan, warna-warni pada alam dapat memberikan ketenangan pada pikiran manusia. Bermain dengan alam tidak hanya menyehatkan jiwa, tetapi juga dapat menyehatkan raga. Sesekali luangkan waktu Anda untuk bermain atau sekadar mengunjungi alam bebas. Dengan demikian, hidup Anda akan terasa lebih baik dan terbebas dari stres atau depresi.

  • 6. Makan buah dan sayuran

    Sejak kecil, anak-anak telah diperkenalkan pada sayur dan buah-buahan oleh orang tua mereka. Buah dan sayuran sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan. Tidak hanya dianjurkan bagi anak-anak, sayur dan buah-buahan juga sangat baik dikonsumsi oleh semua orang, tanpa mengenal batas usia. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat tertentu yang sangat baik bagi tubuh. Ketika tubuh sehat maka otak juga akan menerima banyak nutrisi dengan baik.

  • 7. Meditasi

    Meditasi adalah cara terbaik untuk menyehatkan otak. Dengan bermeditasi seseorang akan merasa tenang dan damai. Meditasi juga ternyata dapat membantu menghilangkan stres yang dihasilkan oleh pikiran yang tidak sehat. Dalam bermeditasi kita dituntun untuk mengatur pernapasan dengan baik. Dengan mengatur pernapasan ternyata dapat membuang racun pada tubuh sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi tenang, sehingga dapat memberikan energi yang lebih banyak bagi tubuh. Lakukanlah meditasi setiap pagi. Tidak hanya akan menyehatkan otak Anda, ini juga akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas.

  • 8. Tertawa

    Tertawa sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan tertawa, Anda dapat membuat pikiran menjadi lebih santai. Ketika pikiran kita santai, maka tubuh kita juga akan menjadi sehat. Selalulah tertawa agar hidup Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting