Senin, 28 Desember 2015

KAPAN MENIKAH?

Diposting oleh Rumah Kopi di 09.17


Ada beberapa pertanyaan di bumi ini, yang kalau dijawab dengan pernyataan sejujur-jurnya tetap saja masih menimbulkan keraguan. Barangkali memang 'tindakan nyata' adalah jawaban terampuh demi mematahkan keraguan. 


MENIKAH. Pertanyaan seputar, " Kapan menikah?" merupakan pertanyaan yang paling tidak disukai 'anak-anak' di muka bumi ini. Bagaimana tidak? Adalah mengenai tekanan orangtua untuk segera menikah itu sungguh menyebalkan. Sumpah. Itu menganggu. 

Beda dengan 'kesiapan', tekanan hanya akan melecut kita gegap mencari lawan jenis secara serampangan, asal siap diajak membina rumah tangga secepatnya.

Semua wanita muda pasti menginginkan menikah dengan laki-laki yang telah matang secara emosional dan finansial. Tetapi, bukankah hal itu hanya kerap ditemui dalam cerita romantis sebuah novel. Sementara, di kehidupan nyata sering kali dihadapkan pada kenyataan bahwa laki-laki yang dirasa pantas menjadi pendamping, saat ini masih berjuang demi mempersunting anak orang. Bekerja keras hingga waktunya tiba, kelak memohon restu orangtua.

Jika tergesa-gesa mencari pendamping tanpa mendalami karakter masing-masing, tanpa adanya perasaan 'saling' bagiku hanya akan membuat pusing.


Menikahlah jika kamu yakin bahwa kelak, seterjal apa pun jalan yang mesti dilewati, securam apa pun jurang yang entah apa sebabnya membuatmu sampai di dasarnya, dan semua masalah rumit rumah tangga, serta ketidak nyamanan berbagi segala hal dengan lawan jenis, dapat dilalui dengan baik. Dapat dinikmati. Membuat hidup lebih berarti. 

Aku pikir, jika menunggu sampai 'siap' manusia tidak pernah sampai pada tahapan itu. Sebab, kesiapan itu bersyarat. Sebab, syarat itulah yang membuat segalanya berat. Semisal, aku siap menikah kelak sesudah menjadi sarjana. Aku menikah jika tabunganku sudah banyak. Padahal, itu semua hanya target yang belum tentu bisa dipenuhi. Berarti kesiapan hanya alasan menunda-nunda pernikahan. 



0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting