Senin, 27 Juli 2015

OMONG KOSONG PERIHAL ULANG TAHUN

Diposting oleh Rumah Kopi di 07.13



Aku pikir ada yang lebih penting dari pada memaknai bertambahnya usia dengan melakukan hal-hal tidak berguna, semisal merenung sejenak meraba ingatan atas pencapaian apa saja yang telah didapati selama ini?

Ulang tahun bukan perkara memejamkan mata mengucapkan permohonan di depan seloyang kue tart dan lilin yang membentuk angka mewakili jumlah usia. Tuhan tidak senaif itu yang lantas tertipu oleh ingar bingar kemeriahan pesta, gegas mengabulkan permohonan tadi.

Omong kosong tentang keinginan yang akan digenapi kelak, setelah lilin itu padam. Atau barangkali jika permohonan tersebut benar-benar dikabulkan, jangan berharap banyak sebab kautahu cahaya lilin terlalu lemah untuk itu. Lalu kenapa tidak mulai berpikir, mengganti lilin dengan obor di atas kue tart supaya keinginan-keinginan besar seperti memiliki Toyota Alphard bisa segera terealisasi.



Ulang tahun memang perkara sederhana, nisbi. Tidak ada yang boleh memaksa mengingat tanggal di mana seseorang di lahirkan. Namun tidak mesti menyepelekan begitu saja dengan dalih lupa ketika puluhan kali hal itu sudah disampaikan. Menengarai hubungan antar sesama entitas, 'lupa' memang tidak ada hukumnya. Sebuah pragmatis yang hakiki.

Ketika berhadapan dengan orang yang berkata bahwa dirinya 'lupa' sebaiknya mengalah saja. Mencoba menerima dari pada berdebat atau menjelaskan perkara sepele omong kosong tentang sebuah makna, karena itu sama halnya memukul tiang listrik menggunakan besi. Bunyi yang ditimbulkam dari perbutan itu sangat menyebalkan. Tetapi sialnya benda yang dipukul keras tadi tetap geming. Kokoh menjulang tinggi.

Lupakan tentang hal bodoh perihal ulang tahun. Lalu mulai mencoba menepis kebenaran dari artikel yang banyak mengendap di benak. Artikel tentang kriteria pasangan yang baik. Artikel ciri-ciri pasangan yang benar-benar saling mencintai. Di mana salah satu poinnya menyebutkan: Seseorang yang mencintai tidak akan melupakan hal penting yang berkaitan dengan pasanganya. Semisal, kapan hari ulang tahunnya.

Setiap manusia memiliki cara masing-masing dalam upaya menggenapi perasaannya. Satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Jika selalu sama, barangkali kauperlu curiga bahwa dia adalah ciptaan perusahaan raksasa seperti Iphone atau Samsung. Pasangan yang mendampingi selama ini, bukan smart phone yang meskipun berbeda type dan merk tetapi fitur-nya rata-rata sama.

Tidak ada patokan tentang bagaimana caranya memperlakukan atau menunjukkan ketulusan seseorang dalam mengasihi. Sudahlah. Lupakan tentang omong kosong perihal ulang tahun. Siapkan maaf dan senyuman yang tidak terdapat di timeline. Jangan menjadi manusia bebal dengan merawat bibit dendam. 




0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting