Kamis, 12 Maret 2015

Let's be a better with write something

Diposting oleh Rumah Kopi di 05.01
Selamat pagi, Laland. Hari ini keadaanku jauh lebih baik meskipun semalam tidurnya nggak nyenyak. :)

Maaf, ya, Laland kalau blog yang ini aku jadikan diary pribadi. Seperti yang sudah terkonsep di awal tahun, aku akan memisahkan tulisan (catatan pribadi >< publikasi karya tulis) pada dua blog yang beda. Tetapi, di sini bukan tempat curhat doang! Beberapa ringkasan artikel yang bermanfaat, juga akan aku share di sini. 

Jadi, jika kamu ingin mengikuti perjalanan hari-hariku, serta ingin menambah wawasan tentang berbagai hal seputar keseharian, pantengin aja blog ini. ((siapa gueh)) 

Kurasa ini jauh lebih baik ketimbang aku nyerocos kek beo yang baru makan puding! Ada banyak percakapan di kepalaku dan jika aku tak segera mengeluarkannya, maka hal itu akan turun ke hati. Menumpuk dalam perasaan. ((haiiss bahasanya)) 

Aku nggak perlu lagi merecoki orang lain untuk sekadar mendengarkan ocehanku. Ini salah satu alasan kenapa aku suka menulis.

Menulis itu memiliki banyak manfaat. Masing-masing punya tujuan berbeda. Tentu saja. Aku pribadi sih, menulis untuk terapi hati. Menyampaikan perasaan yang terjadi tanpa perlu bercerita pada seseorang untuk hal yang nggak perlu bantuan dalam menyelesaikannya.

Aku suka diriku yang seperti ini. Mandiri dan terkonsep. Aku nggak mau hari-hariku hanya terlewati begitu saja tanpa melakukan sesuatu yang berarti. Bekarja itu suatu tuntutan hidup. Sebagai manusia yang hidup di zaman modern harus mimiliki wawasan luas dan skill. 

Yang membedakan manusia dengan sesamanya adalah kemampuan untuk terus memperbaiki diri. Mereka biarlah memilih menjalani hidupnya dengan menjadi artis sosmed, mungkin? Kalau aku nggak suka sering tampil di depan publik. 

Jadi, kembali mengulas hal apa saja yang diperoleh dari kegiatan menulis? Berikut ini merupakan artikel yang aku dapat dari sebuah blog. Semoga bermanfaat!

***
  • Ketika orang membayangkan seorang "penulis", mungkin akan terbayang seorang jenius yang menyendiri di ruangan penuh dengan kertas berserakan di mana-mana sambil berfokus menulis atau mengetik di depan layar komputer tentang karya tulis terbesar selanjutnya.

    Sesungguhnya, menulis adalah jauh lebih luas daripada bayangan di atas. Menulis adalah menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, semua orang adalah penulis, bahkan jika kita tidak berbakat menciptakan kata-kata mutiara atau bait berima.

    Banyak tokoh sukses dunia memanfaatkan menulis untuk mengarahkan pikiran dan tujuan hidup mereka serta untuk mengevaluasi apa yang sudah mereka capai dalam hidup. Warren Buffet menjelaskan bagaimana menulis adalah cara penting untuk menyempurnakan apa yang dia pikirkan. Sedangkan Bill Gates menyatakan bahwa menulis adalah kegiatan harian yang dia lakukan agar dapat duduk dan mengevaluasi apa yang dia alami sepanjang hari.

    Dalam hal ini, menulis dapat digunakan sebagai instrumen untuk berpikir, berekspresi, dan mendorong kreativitas. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut adalah beberapa manfaat dari menulis menurut artikel The Psychological Benefits of Writing oleh Gregory Ciotti:

  • Menulis membuat Anda merasa lebih bahagia

    Apabila Anda tidak tahu cara mulai menulis, cobalah dengan memikirkan dan menulis apa saja yang ingin Anda capai dalam hidup. Ini adalah kegiatan yang terbukti bermanfaat untuk memotivasi Anda. Menulis secara ekspresif dapat membantu meningkatkan mood dan well-being Anda serta mengurangi stres jika dilakukan secara teratur. Menulis tentang mencapai impian masa depan dapat membuat orang merasa lebih bahagia dan sehat. Selain itu, menulis tentang berkat-berkat dan keberhasilan yang telah Anda capai juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan dengan lebih menyadari hal-hal baik yang telah Anda terima dan rasakan selama hidup Anda.

  • Menulis dapat membantu Anda merasa bersyukur

    Menghitung berkat-berkat yang telah Anda terima terbukti mampu meningkatkan pandangan hidup. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang merefleksikan hal-hal baik dalam kehidupan mereka secara tertulis sekali seminggu menjadi lebih positif dan termovitasi tentang situasi masa kini dan masa depan mereka. Namun, ketika mereka melakukan hal ini setiap hari, manfaat yang dirasakan berkurang. Kuncinya adalah melakukan secara teratur namun tidak setiap hari untuk menghilangkan kebosanan dan ketidakjujuran.

  • Menulis membantu dalam menghadapi masa-masa sulit

    Menulis tentang masa-masa sulit atau peristiwa traumatis dapat membuat orang merasa lebih depresi, hingga sekitar enam bulan kemudian, baru terasa manfaat emosionalnya. Pemilihan waktu yang tepat untuk menulis sangat berdampak penting bagi pemulihan dari masa-masa sulit. Memaksakan diri untuk menulis dapat memperparah keadaan, tetapi jika Anda menulis tanpa paksaan dan atas kehendak sendiri, manfaatnya akan sangat membantu dalam pemulihan trauma.

  • Menulis meningkatkan cara berpikir dan berkomunikasi

    Kurangnya perbendaharaan kata dapat menyebabkan kesulitan dalam mengekspresikan perasaan, berbagi pengalaman, dan berkomunikasi dengan orang lain. Menulis dapat membantu mencegah penggunaan kata-kata yang kurang efektif mengekspresikan apa yang sebenarnya ingin Anda ungkapkan. Baik dalam kecerdasan emosi maupun dalam kecerdasan ilmu pengetahuan (bahkan matematika), menulis telah terbukti membantu orang menyampaikan gagasan yang sangat kompleks dengan jelas dan sistematis.

  • Menulis mengasah ketajaman otak Anda

    Menulis adalah mengolahragakan otak Anda. Sama seperti olahraga jasmani, menulis dapat menjaga "kebugaran" alias ketajaman otak Anda. Menulis dapat membantu memastikan Anda terus berpikir secara teratur.

  • Menulis membantu Anda berfokus

    Pernahkah Anda membuka terlalu banyakInternet tabs? Itu sangat mengganggu fokus Anda. Bagaimana dengan terlalu banyak memikirkan banyak hal? Ini sering kali menyebabkan orang berusaha menangani terlalu banyak hal pada saat yang bersamaan. Menulis membantu Anda berfokus pada satu hal sementara mencatat hal-hal yang akan Anda lakukan nanti. Pastikan Anda mencatatnya di buku catatan khusus yang selalu Anda bawa setiap saat. Dengan berfokus pada satu hal saja dan membuat rencana tertulis, Anda akan mengurangi stres dan beban pikiran Anda.

  • Menulis membuat Anda ingin belajar lebih

    Menulis sering kali membuat Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang berbagai macam hal, apalagi ketika Anda ingin membagikan karya tulis Anda, baik kepada keturunan Anda maupun kepada masyarakat umum. Menulis dapat memancing keingintahuan Anda dan memacu semangat mencari lebih banyak informasi, inspirasi, dan wawasan. Misalnya, ketika Anda mendengar wejangan dari acara motivasi di televisi atau catchprase di iklan radio, Anda ingin segera mencatatnya agar tidak lupa. Atau mungkin Anda mendengar sebuah topik yang menarik perhatian dan memotivasi Anda untuk meneliti lebih lanjut, misalnya bagaimana perbudakan berakhir di Amerika Serikat atau bagaimana emansipasi wanita terjadi di Indonesia.

    Baik mencatat momen terilhami sederhana dalam sebuah buku harian maupun menuangkan segala pemikiran dan pengetahuan Anda dalam sebuah karya tulis ilmiah, pastikan Anda menikmati proses menulis dan melakukannya secara teratur. Selamat menulis!


    Taipe 12 Maret



0 komentar:

Posting Komentar

 

Rumah Kopi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting